Contact Us

Name

Email *

Message *

6 Makanan Pemicu Stres Yang Harus Dihindari

6 Makanan Pemicu Stres Yang Harus Dihindari

Penyebab stres, tentunya banyak sekali hal yang dapat memicu terjadinya stres. Salah satu di antaranya yaitu stres terjadi karena makanan. Makanan ini biasanya mempunyai sifat yang bisa meningkatkan hormon dan dapat menyebabkan stres. Hormon tersebut adalah cortisol.
orang lagi stress

Hormon cortisol juga di produksi oleh hati, jadi apabila anda ingin ceria, sehat sebaiknya hindari makanan yang seperti ini. Apa saja itu, perhatikan di bawah ini :

1. Lemak Jenuh
Seperti yang kita ketahui bahwa lemak jenuh bisa meningkatkan kolestrol dalam tubuh. Ternyata selain itu juga dapat memicu terjadinya produksi cortisol yang berlebih sehingga konsumsi lemak jenuh bisa menjadi penyebab stres dan sebaiknya anda mengurangi konsumsi lemak jenuh.

2. Gula Yang Dimurnikan
Apa-apa yang dipakai dan dikonsumsi secara berlebihan hasilnya tidak akan baik. Seperti yang satu ini, gula dalam bentuk apapun dapat meningkatkan gula darah yang terdapat dalam tubuh. Peningkatan drastis dapat terjadi apabila mengonsumsinya gula yang dimurnikan. Jadi apabila sering dimakan maka tubuh bisa menjadi kecanduan dan tubuh dapat mengeluarkan hormon cortisol sampai anda puas dengan banyak makanan.

3. Makan Yang Mengandung Kafein
Kafein identik dengan kopi, istilah kafein ditemukan oleh seorang ilmuwan berasal Jerman. Di mana istilah tersebut sering merujuk pada senyawa kimia yang terdapat pada kopi. Kopi memang menyehatkan, namun kandungan kafein yang ada di dalamnya juga perlu diwaspadai. Karena mengkonsumsi kopi atau kafein berlebih dapat menimbulkan terjadi stres dan suasana hati yang tidak ceria.

4. Makanan Rendah Serat
Sebaiknya mengkonsumsi makanan yang mempunyai jumlah serat akan lebih baik. Jangan terlalu over seperti contoh buah yang mempunyai serat rendah seperti wortel, tomat, bayam dan labu siam.  Apabila anda memakannya biasanya reaksi yang terjadi pada tubuh kita yaitu mudah lapar dan ingin terus makan. Sehingga akhirnya sering sensitif dan pemarah dan hal ini tidak baik. Selain itu, asupan yang masuk dalam tubuh kita kurang lancar karena serat yang sedikit.

5. Jauhi Alkohol
Alkohol juga sering identik dengan etanol karena etanol memang digunakan sebagai bahan dasar dari minuman beralkohol. Nah, etanol tersebut yang dapat memicu terjadinya teler atau mabuk pada seseorang apabila dikonsumsi dalam jumlah besar. Alkohol dapat menghilangkan kesadaran orang yang mengkonsumsinya. Minuman beralkohol memang sering dihindari karena memang mempunyai sifat buruk. Selain itu orang sering menyebutnya racun bagi hati karena karena senyawa yang terkandung dalam alkohol tidak dapat memecahnya dan akibat buruknya yaitu tubuh akan mengeluarkan hormon cortisol sehingga orang tersebut mudah stres.

6. Gandum Dimurnikan
Selain gula gandum yang dimurnikan juga tidak baik dan sebaiknya dijauhi. Apabila memang ingin mengkonsumsinya gandum, pilihlah gandum dengan kualitas baik seperti gandum utuh sehingga bisa menyehatkan dan mengurangi terjadinya stres.

Itu tadi ulasan yang bisa membuat hormon cortisol meningkat. Sehingga memang sebaiknya mengurangi konsumsi bahkan berhenti agar lebih sehat dan terhindar gara-gara stres. Semoga bermanfaat.


No comments:

Back To Top