Contact Us

Name

Email *

Message *

4 Cara Menggali Ide Bisnis yang Perlu Diketahui

4 Cara Menggali Ide Bisnis yang Perlu Diketahui

Tak dapat dipungkiri bahwa seorang entrepreneur membutuhkan ide-ide kreatif untuk menjalankan usaha. Ide-ide kreatif  harus dibangun dengan cara menggalinya dari berbagai informasi yang berkembang, atau ide-ide yang berasal dari pemikiran mengenai kemampuan atau skill yang dimiliki saat ini agar bisa digunakan untuk usaha dan menghasilkan uang. Ide-ide dapat juga digali dari pengalaman sendiri atau pengalaman orang lain yang telah mencapai kesuksesan.
Ide bisnis bisa di dapatkan dari mana saja namun seorang entrepreneur tidak hanya mencari ide tapi juga harus punya keberanian menjalankan ide tersebut menjadi bisnis.
menggali ide bisnis

Cara-cara mendapatkan ide bisnis diantaranya sebagai berikut:

  1. Ide bisnis seringkali muncul dalam pikiran setelah melihat berbagai peluang yang ada disekitar kita, misalnya ketika Anda sedang berada di rumah dan sangat membutuhkan suatu barang atau jasa namun sulit didapat dan orang-orang yang menjualnya pun terutama di daerah Anda sangat jarang, disini bisa muncul ide kenapa Anda tidak membuat sendiri atau menjadi agen barang atau jasa tersebut agar orang-orang di wilayah Anda bisa mendapatkannya dengan mudah melalui layanan Anda.
  2. Ide bisnis bisa didapat dengan mengamati suatu wilayah dan Anda bisa mencari peluang bisnis. Misalnya Anda mengamati wilayah sekitar tempat Anda atau di sekitar rumah teman Anda yang penuh dengan rumah kontrakan atau kost-kost-an karyawan atau mahasiswa namun Anda tidak melihat adanya laundry atau jasa cuci baju dengan mesin cuci atau rumah makan yang dekat kalaupun ada jaraknya cukup jauh, Anda bisa segera cari informasi seputar hal tersebut, dan kalau memang belum ada yang membuka laundry atau rumah makan dilingkungan tersebut, maka itu adalah suatu ide bisnis atau peluang bisnis bagi Anda. Anda bisa membukanya atau mengajak teman Anda yang mempunyai modal untuk bekerjasama membuka usaha tersebut.
  3. Ide  bisnis bisa didapatkan dari pemikiran menggali peluang bisnis berdasarkan kemampuan atau kompetensi yang Anda kuasai lalu dikembangkan menjadi bisnis yang menguntungkan. Misalnya Anda mahir dalam mengajar atau Anda seorang guru honorer di suatu sekolah dan Anda memiliki waktu luang, Anda bisa membuka kursus atau bimbingan belajar di rumah, atau Anda bisa menjadi penulis buku atau majalah. Anda memiliki kemampuan beriklan di internet atau bisa memasarkan barang secara online, Anda bisa mencari teman atau relasi yang menjual barang namun belum bisa menggunakan system pemasaran digital, Anda bisa membuat website atau blog dan menjualkan produk teman atau relasi Anda pada website atau blog Anda.
  4. Ide bisnis bisa didapatkan dengan menggali informasi tentang produk yang beredar di pasaran, Anda bisa mencari peluang dari pasar yang belum digarap oleh pengusaha suatu produk atau layanan jasa. Misalnya suatu produk yang laris namun baru dijual dipasar kelas menengah ke atas, maka Anda berpeluang menjual produk serupa dengan kelas pasar menengah ke bawah, atau sebaliknya.
Pada akhirnya jika anda sudah dapat ide untuk menggali bisnis harus langsung dipraktekan supaya hasil fikiran selama ini tentang semua yang berkaitan dengan bisnis dapat segera terleasisaskan dan menuju kesuksesan.


No comments:

Back To Top