Contact Us

Name

Email *

Message *

Hikmah Kebersamaan Dalam Islam

Hikmah Kebersamaan Dalam Islam

Allah Subhanahu wa Ta’ala menciptakan manusia dengan keahlian dan kepintaran yang berbeda. Semuanya itu adalah untuk saling memberi dan saling mengambil manfaat dalam menjalani kehidupan. Orang kaya tidak bisa hidup tanpa orang miskin sebagai contoh orang kaya pasti membutuhkan orang yang bisa membantu seperti pembantu rumah tangga, supir dan lainnya. Demikian pula orang miskin tidak dapat hidup tanpa orang kaya yang mempekerjakan dan mengupahnya.

Manusia merupakan makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri melainkan manusia membutuhkan kebersamaan dalam kehidupan sehari harinya. Allah Subhanahu wa Ta’ala menciptakan manusia beraneka ragam dan berbeda-beda tingkat sosialnya. Ada yang kuat, ada yang lemah, ada yang kaya, ada yang miskin, dan seterusnya. Sebagaimana Firman Allah Subhanahu wa Ta’ala:
“Apakah mereka yang membagi-bagi rahmat Rabbmu? Kami telah menentukan antara mereka penghidupan mereka dalam kehidupan dunia, dan Kami telah meninggikan sebagian mereka atas sebagian yang lain beberapa derajat, agar sebagian mereka dapat mempergunakan sebagian yang lain. Dan rahmat Rabbmu lebih baik dari apa yang mereka kumpulkan.” (Az-Zukhruf: 32)
Hikmah kebersamaan dalam islam

Sungguh indah kebersamaan dalam jamaah dan sungguh nikmat hidup dalam keteraturan di bawah satu penguasa. Sebagaimana dikatakan: Al-Jama’atu rahmah wal furqatu ‘adzab (kebersamaan adalah rahmat, sedangkan perpecahan adalah adzab). Oleh karena itulah Allah Subhanahu wa Ta’ala melarang perpecahan dalam beberapa ayatnya. Di antaranya Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:
“…Dan janganlah kamu termasuk orang-orang yang mempersekutukan Allah, yaitu orang-orang yang memecah belah agama mereka dan mereka menjadi beberapa golongan. Tiap-tiap golongan merasa bangga dengan apa yang ada pada golongan mereka.” (Ar-Rum: 31-32)

Adapun manfaat lain dari hikmah kebersamaan yaitu :

  • Mendapatkan ridha dari Allah SWT.
  • Membuat orang yang kita dikunjungi berbahagia. Hal ini amat sesuai dengan sabda Rasulullah    SAW, yaitu "Amal yang paling utama adalah membuat seseorang berbahagia."
  • Menambah banyak dan berkah rejekinya.
  • Memupuk rasa cinta kasih terhadap sesama, meningkatkan rasa kebersamaan dan rasa kekeluargaan, mempererat dan memperkuat tali persaudaraan dan persahabatan.
  • Menambah pahala setelah kematiannya, karena kebaikannya (dalam hal ini, suka bersilaturahmi) akan selalu dikenang sehingga membuat orang lain selalu mendoakannya.
  • Memudahkan dalam segala urusan dan pekerjaan.
  • Rumah tangga semakin kokoh dan kuat.
Itulah penjelasan secara singkat mengenai hikmah kebersamaan, sebenarnya masih banyak manfaat dari hidup bersama.


No comments:

Back To Top