Contact Us

Name

Email *

Message *

Hikmah Dan Manfaat shalat ke masjid Bagi Umat Islam

Hikmah Dan Manfaat shalat ke masjid Bagi Umat Islam

Bagi umat islam shalat merupakan salah satu keutamaan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT,kita sebagai hambanya senantiasa harus selalu melaksanakn apa yang diperintahkan, termasuk shalat 5 waktu, Adapun Shalat itu sendiri bisa dikerjakan dirumah ataupun di mushola atau masjid sebagai tempat beribadat.Memang banyak sekali godaan atau halangan ketika akan melaksanakan shalat berjamaah di masjid namun kita harus memaksakan dan membiasakan untuk melaksanakannya, Shalat dirumah itu bagus namun lebih bagus lagi kalau kita beribadat melaksanakan shalat berjamaah di masjid tentunya lebih banyak pahala dan keutamaan yang akan kita dapat dibanding dengan mengerjakan shalat dirumah.
Hikmah Dan Manfaat shalat ke masjid Bagi Umat Islam

Ada beberapa tips untuk anda supaya terbiasa untuk melaksanakan shalat di mesjid diantaranya,
  •  Mulai membiasakan menunda dulu pekerjaan apabila terdengar suara adzan dan segeralah berangkat ke mesjid.
  • Apabila sedang dalam perjalanan berhenti dan tiba waktunya shalat berhenti dulu dan carilah mesjid yang terdekat.
  • Apabila ingin melaksanakan shalat berjamaah waktu subuh ,set alarm di handphone atau jam weker anda setengah jam sebelum adzan subuh tiba.
Cara diatas adalah sebagian supaya anda terbiasa pergi ke masjid, Yang akan dibahas kali ini adalah beberapa hikmah dan manfaat shalat ke masjid terutama bagi kaum adam untuk mendapatkan pahala yang lebih dalam menjalankan perintahNya ,
hikmah dan manfaat shalat ke masjid diantaranya :
  • Mematuhi perintah Allah karena melaksanakan salah satu rukun islam
  • Mendapat Pernyataan Kesucian dan Anugerah Besar dari Allah
  • Mematuhi perintah Rasulullah karena rosulullah memerintahkan kita sebagai umat muslim untuk mengerjakan shalat 5 waktu dan kita bisa selamat karena sudah mengikuti perintah rosul
  • Setiap langkah kaki berjalan untuk melaksanakan shalat berjamaah  akan diberikan satu pahala dan dihapuskan satu dosa, juga dinaikkan satu derajat oleh Allah SWT.sumber : (Ibnu Majah:277,Muslim:1068 dan 1065).
  • Orang yang menunggu sholat di masjid diberi pahala seperti sedang sholat, maksudnya adalah ketika sedang menunggu orang lain yang mau melaksanakan berjamaah kita bisa mengisi dengan berdzikir dan berdoa tentunya akan mendapatkan pahala yang lebih besar, dan juga kita akan mendapatkan doa dari malaikat tanpa berhenti sampai waktu shalat berjamaah tiba.
  • Dapat terhindar dari sifat-sifat yang munafiq, Tidak ada sholat yang lebih berat bagi orang-orang munafiq dari pada sholat subuh dan isya. Seandainya mereka tahu nilai yang terkandung di dalam kedua sholat itu, pastilah mereka mendatangi (masjid tempat) kedua sholat itu meskipun dengan merangkak.
  • Mengembangkan disiplin dan berakhlak mulia. Sholat berjama’ah mengajarkan disiplin seorang makmum senantiasa mengikuti gerakan imam dan berada di belakang imam. Hal ini tentu membiasakan melatih kedisiplinan dalam kehidupan seseorang, menghilangkan ego, perbedaan dan dengan penuh kerendahan hati patuh dan taat pada pimpinannya, yaitu imam.
  • Dapat menumbuhkan tali persaudaraan, kasih sayang dan persamaan.

Itulah beberapa hikmah dan manfaat shalat berjamah ke masjid bagi umat islam, sebenarnya banyak sekali manfaat yang lainnya, mudah-mudahan penjelasan diatas bermanfaat dan kita diberi kekuatan untuk melaksanakannya.


No comments:

Back To Top