Contact Us

Name

Email *

Message *

Dimensi Lapangan Bola Voli Yang Harus Anda Ketahui

Dimensi Lapangan Bola Voli Yang Harus Anda Ketahui

Lapangan bola voli memiliki ukuran yang telah ditentukan. Lapangan bola voli standar internasional memiliki luas 9 x 18 meter persegi.  Luasan ini dibagi dua sama besar dengan batasan sebuah net selebar 1 meter yang diletakkan dengan posisi tertinggi 2.43m (untuk putra) dan 2.24m (putri). Walau begitu ketinggiannya bisa bervariasi untuk permainan voli bagi anak-anak atau para orang tua.
Lapangan voli memiliki batas garis serang bagi pemain belakang yang berjarak 3 meter dari garis tengah lapangan dan sejajar dengannya. Lebar garis tepi lapangan voli adalah 5cm.  Untuk ukuran selengkapnya, lihat gambar berikut.


Teknik Bermain Bola Voli

Permainan bola voli dilakukan oleh dua tim yang saling berhadapan di lapangan voli, terpisah oleh net. Masing-masing tim ada 6 orang. Keduanya akan bertanding saling memukul bola dan membuat poin. Tim pemenang adalah yang membuat 25 poin terlebih dahulu.
Pada setiap tim ada 4 posisi penting: defender, tosser, spiker, serta libero. Defender adalah pemain bertahan yang menahan gempuran bola lawan. Tosser adalah pemain pengumpan bola yang akan diolah menjadi serangan ke arah lawan. Dia juga harus pintar mengatur strategi dan ritme permainan.  Spiker adalah pemain penyerang, yang mengeksekusi bola umpan menjadi pukulan spike/smash ke arah lawan. Sedangkan libero adalah pemain bertahan bebas, dalam artian dia bisa menggantikan posisi defender, walau dia tak boleh melakukan smash atau blocking.biasanya libero memakai jersey yang berbeda dari rekan satu timnya.
  • Awal Servis Bola

Pihak yang melakukan servis pertama biasanya ditentukan dengan lemparan koin oleh wasit.

  • Posisi Pemain

Pada saat servis, kedua belah pihak yang bertanding bersiap pada posisi masing-masing.  Masing-masing tim membentuk dua baris sejajar net, tiga pemain di deret depan dan 3 lainnya ada di deret belakang, dengan urutan pemain nomor 1 sebagai server, pemain ke-2 sebagai smasher, pemain ke-3 sebagai tosser, pemain ke-4 sebagai blocker, dan peman ke-5 dan ke-6 sebagai libero.

  • Poin Nilai

Untuk poin nilai, ada dua aturan:

Pada saat servis, bola harus melampaui net ke daerah tim lawan, jika tidak bisa melampaui net, maka tim lawan akan mendapat nilai.
Jika salah satu tim bisa memasukkan bola ke pihak lawan tanpa bisa dikembalikan, maka tim itu akan mendapat poin nilai; demikian sebaiknya.


  • Teknik-teknik Permainan Bola Voli

Ada empat teknik penting dalam permainan bola voli yang perlu dikuasai: teknik servis, passing, blocking, dan teknik smashing.
Servis merupakan pukulan awal yang dilakukan salah satu tim, dilakukan dari bagian belakang lapangan ke arah lapangan lawan tanding. Ada dua macam servis yang umum dipakai:

  1. servis atas, dimana pemain melemparkan bola ke atas dilanjutkan meloncat untuk memukul ke lapangan lawan;
  2. servis bawah, bola ada di depan tubuh dan pemain memukulkan dari arah bawah.
  3. Passing merupakan teknik mengumpan bola ke rekan satu tim untuk diolah menjadi serangan. Seorang pemain bola voli harus mampu melakukan passing bawah dan passing atas. Passing bawah umumnya adalah pengalihan bola dari blocking serangan lawan; sedangkan passing atas untuk mengumpan smasher melakukan serangan. 
  4. Smash adalah pukulan serangan yang dilakukan seorang smasher pada bola yang telah diumpankan di atas net oleh tosser. Umumnya teknik smash menggunakan pukulan keras seperti hingga bola menghunjam tajam ke lapangan lawan, seperti teknik backrow atau line/cross-shot. Walau begitu ada pula teknik smash yang bersifat mengecoh lawan, seperti teknik dip atau wipe.   
  5. Blocking adalah teknik yang digunakan seorang pemain voli untuk menahan bola serangan musuh.   

Demikian adalah beberapa keterangan tentang dimensi lapangan bola dan beberapa teknik permainannya.


No comments:

Back To Top