Contact Us

Name

Email *

Message *

Cara Sholat Taubat Bagi Para Pemula

Cara Sholat Taubat Bagi Para Pemula

Bagi sebagian orang belum mengetahui tentang apa itu shalat taubat dan apa saja keutamaan-keutamaan dari shalat taubat itu sendiri, tidak seperti keutamaan shalat tahajud dan keutamaan shalat dhuha yang sudah banyak diketahui masyarakat untuk keutamaan-keutamaan dari shalat taubat ini masih sangat sedikit yang mengetahuinya padahal sudah banyak sekali informasi yang dapat diakses tentang shalat taubat ini. tidak hanya perihal keutamaan, mengenai cara shalat taubat pun masih banyak yang mempertanyakannya sebagian besar dari mereka bertanya apakah tata cara shalatnya sama saja dengan tata cara mengerjakan shalat tahajud dan shalat-shalat fardhu lainnya.


Sebenarnya cara shalat taubat itu shalat yang dilakukan dengan jumlah rakaat minimal 2 rakaat dan memiliki jumlah rakaat maksimal 6 rakaat, shalat taubat ini dilakukan bagi hamba-hamba allah yang benar-benar menyesali perbuatannya yang penuh akan dosa. Di masyarakat orang-orang yang melakukan shalat taubat ini biasanya mereka yang sebelumnya melakukan dosa besar seperti membunuh, syirik, meragukan keesaan allah, meragukan rasul allah dan berbagai macam dosa besar lainnya. Mereka menyesal dan mendapat hidayah serta berjanji untuk tidak melakukan hal serupa lagi, mereka melakakuan shalat taubat dengan sepenuh hati dan khusyu, bahkan tak sedikit dari orang-orang yang meneteskan air mata ketika dalam keadaan shalat taubat ini karena mengingat kesalahan-kesalahan mereka di masa lalu.

Adapun berikut ini adalah cara sholat taubat, bagi para pemula yang belum mengetahui secara detail tata cara shalat ini. walaupun tata cara nya sama saja dengan shalat lainnya namun ada sedikit perbedaan dalam bacaan niat :

1. Lafadzkan niat dalam hati, usholli sunnatat taubati rak’ataini lillahi ta’alla allahuakbar

2. Setelah membaca niat shalat taubat tersebut maka dapat dilanjutkan dengan membaca doa iftitah kemudian diikuti bacaan al fatihah dan surat lainnya.

3. Takbiratul ihram (membaca bacaan takbiratul ihram seperti biasa)

4. Rukuk, membaca bacaan rukuk

5. Sujud, membaca bacaan sujud seperti biasa

6. Duduk diantara dua sujud

7. Salam

Dari penjabaran di atas dapat diketahui bahwa tata cara shalat yang dilakukan ketika melaksanakan shalat taubat sama saja dengan tata cara shalat lainnya, hanya yang membedakan adalah niatnya saja.

Sama seperti shalat tahajud dan shalat dhuha maupun shalat fardhu, setelah melakukan cara shalat taubat ini seseorang dapat membaca beberapa doa, doa yang dipanjatkan dapat berupa doa sesudah shalat tahajud yang biasa dipanjatkan ataupun menggunakan doa-doa khusus doa setelah shalat taubat. Biasanya doa yang sering dibacakan mereka yang melakukan shalat taubat adalah doa-doa khusus dengan diawali istighfar sebanyak mungkin (minimal 100 kali), dan permohonan ampun kepada allah atas dosa-dosa mereka yang telah diperbuat di masa lalu.

Mengetahui cara shalat taubat ini memiliki banyak sekali manfaat begitupun dengan ketika kita selesai melaksanakan shalat taubat, sama seperti manfaat shalat shubuh, manfaat yang kita peroleh dari shalat taubat ini adalah sebuah ketenangan batin. Jika sebelumnya hati selalu dihantui kegelisahan dan rasa bersalah akan dosa-dosa yang diperbuat maka insyaallah setelah melakukan shalat taubat, segala kegelisahan dan keresahan dalam hati serta pikiran akan menghilang berubah menjadi sebuah ketenangan hati, kedamaian batin dan ketentraman pikiran yang tidak pernah dirasakan dan didapatkan sebelumnya. Rasa malu kepada allah pun akan muncul sehingga enggan melakukan perbuatan dosa-dosa besar kembali di kemudian hari.


No comments:

Back To Top