Contact Us

Name

Email *

Message *

Ini tanda tanda orang meninggal dalam keadaam khusnul khotimah

Ini tanda tanda orang meninggal dalam keadaam khusnul khotimah

Dalam pandangan islam seseorang yang mati khusnul khotimah adalah kematian seseorang yang sangat mulia dan banyak orang yang menginginkan meninggal dengan cara khusnul khotimah. Karena di akhir perjalanan hidup kita di dunia akan berakhir dengan datangnya kematian, banyak sekali kejadian kejadian yang cukup mencengangkan dari kematian seseorang. Siapa yang tidak pengen meninggal dunia dengan cara khusnul khotimah dan kematian dengan cara ini banyak yang menginginkanya. Karena dengan kematian ini maka kita akan di tempatkan di tempat yang paling mulia di sisinya.

Namun, kematian khusnul khotimah ini bisa di lihat dari ciri ciri saat seseorang akan meninggalkan raganya untuk bertemu dengan sang pencipta. Nah buat Anda yang ingin mengetahui ciri ciri apa saja sih yang bisa di lihat saat seseorang meninggal dengan cara khusnul khotimah, di bawah ini Anda bisa melihat jabaranya.


Tanda tanda seseorang yang meninggal dengan khusnul khotimah
1. Mengucapkan kalimat syahadat saat akan meninggal dunia

Rasulullah sendiri telah mengatakan bahwa “ barang siapa yang akan meninggal dan sempat mengucapkan kalimat syahadat “Laa ilaaha illallah” maka ia dimasukkan ke dalam surga.” (HR. Hakim)

“Sesungguhnya aku mengetahui satu kalimat, tidaklah seorang hamba meng­ucapkannya ketika hendak meninggal melainkan warnanya akan menyinarinya (dia akan tampak cerah) dan Alloh melepaskan kesusahannya”

Dari sini juga sudah jelas bahwa, barang siapa yang akan meninggal dan mengucapkan kalimat tersebut maka memang benar dirinya waktu masa hidupnya selalu taat akan agama islam. Dan di akhir hidupnya dirinya akan teringat dengan sendiri dan akan mengucapkan kalimat tersebut sebelum ajal menjemputnya.

2. Dahi berkeringat ketika wafat

Tanda yang kedua adalah di bagian dahi seseorang yang meninggal mengeluarkan keringat, maka hal tersebut bisa di pastikan bahwa dirinya telah meninggal dengan khusnul khotimah. Hal tersebut berdasarkan hadist dari Buraidah Ibnul Khasib: yang di mana pada dulu kala Buraidah di Khurasan telah menengok saudaranya dan telah meninggal, dan di bagian dahinya mengeluarkan keringat dan beliau berkata:

”Allahu Akbar, sungguh aku telah mendengar Rasulullah bersabda: “Matinya seorang mukmin adalah dengan berkeringat dahinya.” (HR. Ahmad, AN-Nasai, at-Tirmidzi, Ibnu MAjah, Ibnu Hibban, Al-Hakim dan ath-Thayalusi dari Abdullah bin Mas’ud)

3. Meninggal pada hari jum’at

Untuk hari ini memang sangat istimewa sekali, karena seseorang yang meninggal di hari jum’at maka sangat bagus sekali, dan di hari jum’at ini adalah haru yang sangat istimewa sekali di banding hari hari lainya. Berdasarkan beberapa hadist para ulama menyimpulkan bahwa benar seseorang yang meninggal pada hari Jum’at mendapat keistimewaan.

Rasulullah saw juga telah bersabda: “Tidaklah seorang muslim yang telah wafat pada hari jumat atau pada malam jumat kecuali pastilah Allah menghindarkannya dari siksa kubur.” (HR. Ahmad)

4. Wanita meninggal pada saat melahirkan

Buat Anda para wanita meski bersyukur, nikmat yang di berikan kepada umatnya ini sangat besar dan bahkan tidak terhitung. Buat wanita yang sedang dalam proses melahirkan dan di saat proses melahirkan tersebut mengalami kematian maka bisa di pastikan bahwa dirinya telah meniggal dengan cara khusnul khotimah.

Nah dari point point di atas bisa di simpulkan bahwa seseorang yang meninggal dengan cara di atas bisa di pastikan bahwa dirinya telah meninggal dengan cara khusnul khotimah dan hal ini menjadi berita yang sangat bagus sekali untuk Anda. Semoga kematian khusnul khotimah bisa terjadi kepada kita semua. Amin.


No comments:

Back To Top