Contact Us

Name

Email *

Message *

Alternatif Produk Olahan Jagung Yang Menguntungkan

Alternatif Produk Olahan Jagung Yang Menguntungkan

Alternatif Produk Olahan Jagung Yang Menguntungkan – Jagung merupakan jenis bahan makanan pokok yang bisa dijadikan sebagai alternatif pangan. Keunggulan tanaman dengan nama latin Zea mays ini adalah kandungan gizinya yang tinggi. Selain itu jagung juga termasuk jenis tanaman yang mudah ditanam dan memiliki masa panen yang cukup cepat. Pengolahan jagung untuk pangan pun cukup beragam. Dari satu buah jagung ini anda bisa mengolahnya menjadi berbagai macam olahan. Seperti susu, mie, tepung, dsb.

Kandungan gizinya yang tinggi menjadikan jagung sangat cocok sebagai alternatif bahan makanan pokok anda. Produk olahan berbahan dasar jagung memiliki nilai jual cukup baik di pasaran. Harga jagung pun terbilang stabil sehingga ketika mengolahnya keuntungan besar pun bisa kita dapatkan. Untuk semakin meningkatkan nilai jual tanaman satu ini, cobalah olah jagung menjadi berbagai alternatif produk olahan. Selengkapnya akan diulas lebih lanjut berikut ini.

Berbagai Alternatif Produk Olahan Jagung 

Alternatif Produk Olahan Jagung Yang Menguntungkan Susu Jagung
Susu Jagung
1. Susu Jagung
Jagung bisa diolah menjadi susu nabati layaknya kedelai. Kandungan gizi nya pun tak kalah dengan susu kedelai atau dari bahan nabati lainnya. Untuk mengolah jenis susu satu ini jagung mesti dipipil terlebih dulu. Setelah itu rebus dengan air hingga lunak. Blender jagung dan tambahkan skim. Susu jagung pun sudah selesai dan siap dipasarkan. Pembuatan susu jagung cukup mudah dengan biaya pengolahan yang tidak terlalu besar.

Alternatif Produk Olahan Jagung Yang Menguntungkan Mie Jagung
Mie Jagung
2. Mie Jagung 
Jika mie biasanya diolah dari bahan baku gandum atau tepung beras, kita juga bisa memanfaatkan jagung sebagai bahan alternatif untuk membuat mie. Jagung diolah terlebih dulu menjadi tepung. Setelah itu campurkan dengan garam, tepung terigu hingga elastis. Barulah anda bisa mencetaknya menjadi mie seperti umumnya. Mie jagung cocok dikonsumsi sebagai menu untuk diet karena memiliki kalori yang rendah.

Alternatif Produk Olahan Jagung Yang Menguntungkan Beras Jagung
Beras Jagung
3. Beras Jagung
Kandungan karbohidrat yang tinggi membuat jagung juga bisa menjadi alternatif bahan makanan pokok layaknya beras. Anda bisa mengolahnya menjadi beras jagung. Cara membuat beras jagung dengan mencuci biji-biji jagung yang telah disortir. Kemudian keringkan pipilan jagung tersebut selama 2 jam. Giling jagung dengan mesin penggiling tepung. Beras jagung siap dipasarkan dan menjadi alternatif makanan pokok.

Alternatif Produk Olahan Jagung Yang Menguntungkan Pati Jagung
Pati Jagung
4. Pati Jagung
Pati jagung merupakan produk olahan yang berasal dari serat pati jagung. Biasanya produk olahan satu ini digunakan sebagai bahan pembuat kue maupun makanan berbahan dasar jagung lainnya. Rendam terlebih dulu jagung dan giling secara kasar. Penggilingan bertujuan agar jagung terpisah dari cangkang dan endosperm. Setelah itu pisahkan serat kasar agar gluten dan pati didapat. Setelah itu kita bisa mendapatkan pati jagung dari proses pemisahan tersebut.

Alternatif Produk Olahan Jagung Yang Menguntungkan Tepung Jagung
Tepung Jagung
5. Tepung Jagung
Produk olahan jagung satu ini bisa digunakan untuk membuat aneka macam makanan. Tepung jagung secara garis besar merupakan produk olahan lanjut dari produk beras jagung. Beras jagung direndam semalaman dan dihancurkan hingga lembut. Barulah anda bisa mendapatkan hasil tepung jagung. Tepung jagung biasanya digunakan sebagai alternatif untuk membuat kue khusus bagi yang diet kalori atau alergi dengan olahan tepung gandum.

Nah itu dia berbagai ulasan alternatif produk olahan jagung yang bisa anda coba. Semoga bermanfaat.

Loading...


No comments:

Post a Comment

Back To Top